Cara Membasmi Ulat Grayak Pada Jagung

Cara Membasmi Ulat Grayak Pada Jagung.

Penanggulangan dan Pengendalian Ulat Grayak, Hama Baru Sreg Persawahan Jagung


Admin distan |

27 Desember 2019 |

15089 barangkali


Baru-baru ini, pembajak milu di Indonesia diresahkan dengan ditemukannya serangan hama baru pada perkebunan jagung di beberapa daerah.

*Ulat Grayak
Wereng mentah tersebut, dikenal dengan sebutan ulat grayak (Spodoptera frugiperda J.E. Smith) atau Fall Armyworm. Ulat grayak merupakan serangga gagat lugu kewedanan tropis nan sebelumnya hanya ditemukan lega pertanaman milu di Amerika Serikat dagang, Argentina, dan Afrika.
*Pendakyahan Ulat Grayak Di Indonesia
Puas tadinya tahun 2019, wereng jagung ini ditemukan mula-mula kali menghakimi perkebunan gabah di Indonesia, yaitu di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dan Lampung. Menyebarnya wereng jagung ini menyentuh Indonesia dan mampu cepat beradaptasi dengan baik. Bahkan langsung merusak persawahan milu. Ini karena diduga hama ulat grayak mempunyai karakter biologi yang idiosinkratis. Selain itu, mudahnya penyiaran hama ini karena didukung oleh tingginya debit pergantian barang dagang antar negara. Tingkat kerusakan akibat serbuan hama jagung ini tergolong rumpil karena menyebabkan kerugian ekonomi pada komoditas jagung. Bakal itu, kepentingan membantu petani di lapangan, diperlukan informasi dasar akan halnya gempuran wereng ini serta langkah-awalan yang dilakukan secara efektif dan efisien, serta lega hati terhadap mileu.
*Gejala Kehancuran Bersumber Wereng Ulat Grayak
Beralaskan nama hama ini, yakni ulat grayak, diketahui bahwa fase yang paling merusak dari wereng jagung ini yaitu fase larva atau ulat. Hama ulat grayak merusak pertanaman jagung dengan kaidah menggerek daun tanaman milu. Malar-malar, plong kerusakan berat, himpunan larva hama ini seringkali menyebabkan patera tanaman sahaja tersisa tulang daun dan batang tanaman jagung saja. Apabila himpunan belatung hama milu ini mengaras konsistensi kebanyakan populasi 0.2 – 0.8 belatung sendirisendiri tanaman. Hasilnya, itu menjadikan pengurangan hasil produksi sebanyak 5 – 20%. Tanaman jagung yang diserang oleh hama jagung bernga grayak kerusakannya ditandai dengan:

Baca :   Cara Mengeluarkan Tulang Ikan Di Leher

1. Adanya eks gesekan berpokok ulat mago ataupun ulat mago. Pada permukaan atas patera atau disekitar pucuk tanaman jagung,

2.ditemukan serbuk bergairah seperti serbuk gergaji. Ulat grayak ini negatif bagian pucuk, daun akil balig, maka tumbuhan jagung dipastikan akan senyap.
3.Ketika populasi ulat grayak ini tinggal tangga, maka bagian tongkol jagung pun akan diserang makanya hama ini.
*Pencegahan dan Pengendalian Larva Grayak

A,Tindakan Pencegahab
Pengunaan benih dan varietas nan punya gerendel kecambah yang baik dan bebas mulai sejak komplikasi.Lakukan waktu penghijauan yang tepat waktu dan hindari perian penanaman nan tidak seragam lega suatu lahan. Itu untuk pergi ketersediaan tanaman ianang hama ini ini secara terus menerus.Kondisi persil nan baik dengan pendayagunaan pupuk anorganik secara sekelas untuk mengurangi intesitas serangan hama ulat grayak ini.Lakukan sistem titip sari tanaman jagung dengan tumbuhan lain yang tidak disukasi maka dari itu hama ini.Lakukan pengamatan setidaknya seminggu sekali untuk mengamati, mempelajari, dan cekut keputusan yang tepat jika ditemukan gejala serangan hama ini.

B.Tindakan Pengendalian
Secara mekanis, bisa dilakukan yaitu dengan pendirian mencari dan membunuh ulat mago dan telur hama ini secara mekanis, yakni dengan dihancurkan dengan tangan.Secara biologis, dengan eksploitasi musuh alami nan bermain sebagai agen pengendali hayati untuk mengurangi populasi hama ulat grayak. Beberapa sempurna dagi alami berbunga wereng ini yaitu  varietas parasitoid Trichogramma spp. dan jenis predator cecopet, kerawai kepik, dan semut.

Sendang :https://www.genagraris.id/see/penanggulangan-dan-pengendalian-ulat mago-grayak-hama-baru-puas-pertanian-jagung..

Ditulis Oleh :

(Betara Made Arimbawa/BPP Gerokgak)

Cara Membasmi Ulat Grayak Pada Jagung

Source: https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/penanggulangan-dan-pengendalian-ulat-grayak-hama-baru-pada-pertanaman-jagung-71

Check Also

Showcase Buah Dan Sayur

Showcase Buah Dan Sayur. Brilio.jala – Setiap orang tentu kepingin semangat cegak. Menerapkan hipotetis makan …