BungaBunga.Co.Id
– Buah Pinang alias bahasa Latin Areca Cathecu adalah salah satu komuditas ekspor Indonesia. Aplikasi akan buah jambe ini cukup tinggi. Pinang umumnya tumbuh banyak di halaman rumah maupun tegal dan tak banyak petani nan menanam pinang secara tekun dan intensif.

Ponten jambe semupakat untuk incaran makanan, objek legal industri seperti pewarna kejai dan obat-obatan. Biji jambe sebagai komponen jamu telah dimasukkan privat daftar privilese WHO (World Health Organization / Organisasi Kesehatan Bumi). Biji jambe ini sudah digunakan selama beribu-ribu tahun SM. Digunakan perumpamaan obat, terutama di Mesir dan India.

Budidaya Pinang

Sejauh ini, banyak negara telah menggunakan biji pinang termasuk sebagai; Anthelmintik, eksim, sakit gigi, flu, jejas, kudis, difteri, kram menstruasi, epistaksis, ngilu ucapan, diare, koreng dan tokek.

Cara Budidaya Maman

Syarat Tumbuh

Pinang tumbuh dengan baik ketika ditanam di lokasi yang memenuhi kondisi pertumbuhan. Jika tempat tersebut cocok, itu akan punya bilyet nan baik untuk mencecah pertumbuhan dan produksi buah yang optimal.

Beberapa persyaratan cak bagi dipertimbangkan ketika memakamkan jambe adalah:

  1. Pucang dapat menghasilkan secara optimal lega ketinggian 0-1.000 m di atas permukaan laut (meter di atas permukaan laut). Tumbuhan pucang yang konseptual ditanam pada jalal kurang dari 600 m di atas permukaan laut.
  2. Lahan yang baik untuk budidaya pinang ialah tanah beraerasi nan baik, solum tanah dalam minus sepuhan cadas, jenis persil laterik, lahan tanah liat merah dan tanah aluvial.
  3. Keasaman persil baik bakal pertumbuhan tanaman pinang puas pH 4 hingga 8.
  4. Guyur hujan yang diinginkan Tanaman jambe antara 750-4.500 mm / hari didistribusikan secara merata sejauh tahun atau hari hujan angin sekitar 100-150 perian.
  5. Tanaman pinang sangat sepakat di kewedanan dengan iklim menengah dan duga basah dengan rembulan basah 3-6 bulan / periode dan bulan kering 4-8 rembulan / tahun.
  6. Tanaman pinang boleh tumbuh dengan baik plong master optimal antara 20 ° C dan 32 ° C. Tanaman jambe membutuhkan distrik dengan kelembaban antara 50% dan 90%.
  7. Tumbuhan pinang membutuhkan cerminan sinar matahari nan cukup. Penyinaran yang cocok cak bagi pokok kayu pinang berkisar antara 6-8 jam / hari.
Baca :   Cara Merawat Mawar Dalam Pot

Konsentrat Jambe

Benih berkualitas berpokok dari benih terpilih bermula pohon induk terpilih. Pohon emak dapat dipilih pada masing-masing pohon dengan memilih misal berikut:

  1. Pokok kayu utama tumbuh patuh, batangnya harfiah, mahkota pokok kayu berbentuk setengah buntar dan pertumbuhan daun merata.
  2. Pokok kayu itu objektif berusul wereng dan ki aib
  3. Hidup tanaman lebih dari 10 tahun dan tetap stabil dalam produksi yang sesuai dengan sekitar 4-5 musim.
  4. Kurung layon lebih semenjak 45 cm (diukur pada ketinggian 1 m berusul latar tanah).
  5. Daun yang memiliki makin dari 8 helai terbuka penuh.
  6. Jumlah tandan lebih berbunga 4 buah.
  7. Total biji pelir per tandan lebih terbit 50 butir.

Pembibitan Pinang

Pasca- menemukan tanah yang sesuai dengan kondisi optimal untuk menguburkan jambe tahap selanjutnya yaitu pembibitan. Ada beberapa fase proses pembibitan jambe yang dikerjakan sebagai berikut:

  1. Siapkan polybag 20/10 x 20cm
  2. Buat lubang di babak bawah polybag
  3. Campurkan kapling yang akan diisi dengan polybag dengan kompos atau pupuk kandang
  4. Isi 2/3 polybag dengan kompos ataupun tanah
  5. Tanam skor / biji pelir pinnag saringan di kerumahtanggaan polybag yang tiduran (seperti menanam kelambir)
  6. Tunggu sampai Sira berusia 5 bulan

Proses Penanaman

Ketika bibit sudah lalu tumbuh fit, saatnya bakal beralih berpokok polibag ke lahan nan digunakan sebagai pohon pinang. Beberapa hal yang terlazim dipertimbangkan ketika menyelamatkan merupakan:

  1. Jarak paling kecil 2,75 mx 3 m
  2. Agar lahan tanam terlihat rapi dan optimal, bambu ajir harus diberikan di sekitar tanaman
  3. 1200 batang pinang bisa diletakkan di atas kapling seluas satu hektar
  4. Jarak antar tanaman dahulu memengaruhi proses masuknya terang syamsu ke pohon
  5. Proses radiasi matahari mempunyai dampak besar pada tanaman Pinang, antara lain
  6. Ruas Jenazah yang lebih pendek
  7. Tumbuhan bukan bertaruk besar dengan cepat
  8. Akar dan batang yang lebih abadi
  9. Tingkat pertumbuhan bunga menjadi lebih janjang cak bagi biji kemaluan
  10. Gaung tanam maman memiliki ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm
  11. Lubang tanam harus dilepas 1 rembulan sebelum tanam di huma, karena lubang tanam harus terkena seri rawi sepanjang 1 bulan
  12. Setiap lubang kebal hingga 1 kg serabut kandang atau kompos saban gua tanaman
Baca :   Harga Bunga Krisan Per Tangkai

Salah satu keunggulan perkebunan pinang merupakan sistem tumpangsari. Ini adv amat membantu petambak, karena tanaman pinang dapat menuai secara optimal sejak umur 5 masa. Pohon yang biasanya ditanam yaitu tanaman palawija (kacang-kacangan, jagung).

Pemeliharaan dan Perlindungan

Untuk memperoleh hasil yang maksimal maka nan perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

Penyulaman

Penyulaman terjadi pada pokok kayu pinang yang hening atau tanaman lain sehat dengan 5% dari total populasi per hektar disediakan.

Pemupukan

Perabukan pokok kayu pinang dilakukan dua mungkin setahun, di awal musim hujan dan di akhir musim hujan abu. Dosis pupuk bikin pohon pecah 4 tahun (tanaman mulai berbunga) merupakan: 100 g N; 40 g P 2 Udara murni 5; dan 140 g K2O (setara dengan 220 g urea, 80 g TSP, dan 240 KCL) dan 12 kg kompos atau pupuk kandang tiap-tiap pohon per masa. Lakukan tanaman muda berumur 1 waktu (pohon baru yang dibawa ke ladang) hingga 3 tahun, dosis serabut merupakan 25%, 50% dan 75% dari dosis sediakala tanaman berbunga.

Penyiangan

Pengendalian gulma dilakukan sedemikian rupa sehingga tanaman tidak terganggu oleh gulma. Upaya harus dilakukan untuk menyela buntang (daerah piringan) dengan penampang 0,5 sampai 2,0 m, tanpa rumput / gulma, yang tumbuh di atas pohon maman. Pengendalian gulma terjadi setiap dua wulan.

Irigasi

Tumbuhan pucang sangat sensitif terhadap kekeringan. Karena itu bermanfaat untuk dilakukan pendirusan di daerah dengan masa kemarau panjang. Tersangkut plong macam persil dan iklim tumbuhan harus disiram setiap 4-7 hari sekali.

Pengendalian Organisme Pengganggu

Seperti tanaman perkebunan lainnya, pinang enggak dapat dilindungi bermula beraneka ragam hama dan penyakit nan memengaruhi tanaman. Beberapa hama dan penyakit terdepan plong tanaman pinang mulai berasal pembibitan setakat di gudang penyimpanan yang perlu diketahui.

Baca :   Tabel Kebutuhan Nutrisi Hidroponik

Proses Penuaian

Panen berlangsung dalam dua cara:

Panen biji pelir menguning penuh atau buah akan mulai berubah menjadi kuning kemerahan. Di lahan seluas 1 hektar, boleh menghasilkan 1 ton pinang fit per bulan alias setara dengan 650 kg biji pinang tandus.

Memanen buah akil balig, buat pokok kayu muda pucang suka-suka 2 orang yang laris manis di pasaran, ialah biji pinang muda yang tak berpadu (masih berair atau ibarat Dogan). Dua buah pinang yang telah takhlik biji, biasanya jenis maman muda ini dimasak sehingga bijinya lebih sulit ketimbang dikeringkan di asal panah matahari.

Demikianlah pembahasan tentang
budidaya pinang
semoga dapat penting untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

  • 10 Arti Rente Dahlia cak bagi Kesehatan
  • 15 Manfaat Anak uang Lily buat Kesehatan
  • 11 Manfaat Bunga Bakung untuk Kesehatan