Cara Menjemur Daun Kelor


Arti Daun Merunggai – www.idntimes.com

Patera kelor sudah lama diketahui memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Sementara harga daun kelor kering alias teh daun kelor cukup mahal di pasaran, Kamu dapat membuatnya koteng di rumah. Cara mengeringkan daun merunggai juga terbilang praktis dan mudah.

Kandungan dan Manfaat Daun Kelor

Secara ilmiah, daun kelor dikenal dengan nama Moringa oleifera. Menurut pengkhususan, daun merunggai sudah dikenal oleh kakek moyang sepanjang berabad-abad umpama pokok kayu multiguna padat vitamin dan berkhasiat peminta. Sementara itu, di dunia farmasi, kelor lebih dikenal umpama The Miracle Tree ataupun pohon ajaib. Ini karena merunggai terbukti secara alami sebagai pokok kayu yang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat.

Patera kelor memiliki kandungan metabolit primer (protein, sedap, dan fruktosa), mineral, vitamin, dan asam amino. Kandungan tersebut membuat daun ini bisa dijadikan bagaikan sasaran pangan alternatif untuk menguasai malnutrisi atau kurang gizi. Patera kelor kembali sudah dimanfaatkan perumpamaan pelecok satu jenis tanaman sayur oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Hingga kini, masih banyak publik pedesaan nan suka mengolah patera kelor menjadi bermacam-macam tipe hidangan.

Untuk diversifikasi vitaminnya, patera merunggai diperkaya dengan nutrisi A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6. Selain itu, daun kelor lagi dilengkapi dengan flavonoid, alkaloid, saponin, tanin, dan terpenoid. Rapat persaudaraan semua zat aktif tersebut termasuk senyawa antioksidan alami. Tak heran jika daun kelor memiliki antioksidan yang tangga.

Menurut penelitian, alat pencernaan antioksidan tinggi pada patera merunggai bukan hanya mampu melindungi tubuh bermula zat ekstrem objektif, saja juga mampu menangkal kanker. Kanker sendiri merupakan salah satu kelainan mematikan yang ditakuti banyak orang. Zat antioksidan yang tataran pada patera kelor diklaim berbenda hadang penyebaran zat karsinogen penyebab puru ajal.[1]

Baca :   Sepatu Sekolah Ardiles Hitam

Bikin mendapatkan semua manfaat tersebut, tentunya Anda harus mengolahnya terlebih dahulu. Pendirian mudah mengolah patera merunggai memang dengan memasaknya. Namun, banyak kembali yang mengubahnya menjadi serbuk dengan cara dikeringkan. Cara menohorkan daun merunggai tidaklah runyam, Kamu hanya perlu mengajuk anju berikut.

Cara Mengeringkan Daun Kelor - (YouTube: Rumah Kelor)

Cara Mengeringkan Patera Kelor – (YouTube: Rumah Kelor)

Kaidah Mengeringkan Patera Kelor

  • Sebelum mengeringkan patera merunggai, pastikan Anda sudah menyiapkan daun kelor segar. Tidak susah menemukan daun kelor, bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis di kapling nol maupun area tegal nan banyak ditumbuhi kelor. Jika Anda tidak menemukannya, Engkau boleh membelinya di penjual sayur.
  • Campakkan daun kelor dari batang daun dan rantingnya, usahakan tidak ada daun yang rusak maupun sobek. Anda dapat memisahkan daun terbit rantingnya menggunakan tangan secara perlahan. Setelah itu, masukkan ke n domestik ember atau wadah plastik dan cuci sampai bersih.
  • Daun merunggai yang sudah lalu dicuci harus ditiriskan terlebih habis dan diangin-anginkan setakat kering atau tidak ada air nan tersisa di kerumahtanggaan arena. Siapkan tray ataupun papan yang dialasi dengan kertas untuk menjemur patera.
  • Letakkan patera kelor di atas tray atau papan dengan cara disebarkan. Semakin jauh jarak patera yang satu dengan lainnya, maka daun akan cepat sangar. Letakkan tray puas urat kayu dengan pencahayaan munjung. Usahakan tak fertil di luar ruangan, ini akan mewujudkan daun terkena debu dan asap.
  • Bagi Beliau yang ingin bertambah cepat, Anda dapat menunggangi oven. Bakar daun merunggai dalam oven dengan suhu 60 derajat Celcius selama 20 menit. Setelah kering dan mudah peroi, masukkan daun kelor dalam wadah terlayang.

Daun kelor nan telah kering bisa langsung dipakai untuk menciptakan menjadikan teh atau senyawa minuman herbal. Sementara, cak bagi Anda nan kurang doyan dengan teh daun merunggai bergairah, Kamu bisa mengubahnya menjadi serbuk. Cara mengubah daun kelor kersang menjadi tepung sangat mudah. Kamu hanya perlu menghanyutkan daun kelor nan sudah di-oven, menggunakan instrumen penumbuk alias blender. Daun merunggai yang sudah berubah menjadi debu harus disaring dulu sebelum dipakai.

Mengeringkan Daun Kelor Sendiri di Rumah - www.masakapahariini.com

Mengeringkan Daun Merunggai Sendiri di Rumah – www.masakapahariini.com

Itulah uang pelicin mengeringkan daun kelor yang praktis dan mudah. Seumpama info tambahan moga Anda mendapatkan manfaat daun kelor dengan optimal, momen membuat teh daun kelor, seharusnya tidak ditambah dengan sukrosa atau pemanis lainnya. Gula bisa merusak komposisi zat aktif nan terserah dalam daun kelor, sehingga teh tersebut enggak memiliki khasiat lagi.

Baca :   Pemandangan Taman Bunga Yang Indah

[1]
Yuliani, Ni Nyoman & Desmira Primanty Dienina. 2015. Uji Aktivitas Antioksidan Infusa Daun Kelor (Moringa oleifera, Lamk) dengan Metode 1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl (DPPH). Jurnal Info Kebugaran, Vol. 14(2): 1060-1082.

Cara Menjemur Daun Kelor

Source: https://gitacinta.com/cara-mengeringkan-daun-kelor.htm

Check Also

Bunga Kembang Sepatu Dan Bagian Bagiannya

Bunga Kembang Sepatu Dan Bagian Bagiannya. 5 menit Bagian fragmen bunga memiliki fungsinya masing-masing. Semuanya …