Cara Sambung Pucuk Jambu Air

Cara Sambung Pucuk Jambu Air.



Kerjakan mendapatkan bibit jambu air citra yang berkualitas unggul pelecok satunya dapat diperoleh dengan melakukan sambung pucuk puas esensi tanaman jambu air lokal/jambu air segala cuma dengan menunggangi entres jambu air citra.

Pada prinsipnya, sambung pucuk ataupun grafting adalah menggabungkan dua bagian tanaman yang masih hidup sedemikian rupa sehingga keduanya dapat berintegrasi menjadi suatu tanaman yang utuh yang n kepunyaan adat relasi antara dua perlengkapan alias jaringan yang digabungkan tersebut.





Dua bagian tanaman yang disatukan adalah kunarpa radiks/rootstock nan nyata bibit dari jambu air lokal/jambu air apa saja dan batang atas/entres berasal pohon jambu air citra.

Bikin mengetahui Cara Sambung Pucuk Jambu Air Citra, berikut ini kami ulas penjelasannya.

PERSIAPAN ALAT DAN Target

  • Pisau okulasi, cutter, ataupun pisau segala hanya asalkan tajam dan jati
  • Plastik PE 02 atau plastik es lilin lakukan mengikat sambungan, atau bisa juga memperalat kerahasiaan bening biasa
  • Batang bawah dan batang atas
  • Plastik bening cak bagi sungkup

Awalan Jenazah Asal

Layon sumber akar yang digunakan untuk grafting yakni bibit tanaman jambu air tempatan maupun jambu air apa saja nan terbit dari persemaian nilai yang berusia adv minim lebih 6 bulan, atau garis tengah batang abnormal bertambah 1 cm, sari umumnya ditanam di polybag. Pilihlah bibit yang cegak, pertumbuhannya bagus, batang tegak dan kokoh.

Atau boleh kembali diterapkan pada pohon jambu air yang akan dikombinasi dengan jambu air jenis citra.

Ancang BATANG ATAS/ENTRES

Entres diambil dari tumbuhan induk jambu air citra aktual cabang yang ujungnya tidak sedang merecup (lain terdapat daun cukup umur/cabang dorman), pancung entres dari pohon emak. Pilihlah entres yang madya atau tidak terlalu taruna dan juga tidak terlalu tua.

Baca :   Minyak Seribu Bunga Untuk Bulu Perindu

Tumbuhan induk jambu air citra yang akan diambil entresnya harus berpangkal dari spesies menjuarai, pernah berbuah, produktivitas tangga, sehat serta terbebas dari serangan hama dan komplikasi.

Usahakan garis tengah batang entres kurang lebih sebagai halnya diameter batang dasar dimana akan dilakukan penyambungan.

Pangkas semua daunnya untuk mengurangi penguapan. Puas momen pemangkasan daun lakukanlah dengan pilih-pilih agar enggak mengenai mata tunas, karena ain taruk mewah pada ketiak daun.

TAHAP Penerusan

  • Potong batang dasar puas episode layon yang tidak terlalu muda dan tak bersisa renta, biasanya ditandai dengan rona buntang coklat kehijauan.
  • Batang bagian bawah dibelah sekeliling 2-2,5 cm dengan menggunakan pisau, cutter ataupun silet tepat di tengah sehingga kedua sisinya sama.
  • Entres yang telah siap bagi disambungkan kemudian disayat kanan kirinya agar membuat lancip sebagaimana baji atau huruf V. Panjang entres agak-agak 15-20 cm.
  • Sisipkan entres lega belahan batang radiks, usahakan sambungan serapat mungkin dan tidak terdapat rongga.
  • Kemudian ikat sambungan, sekiranya memperalat plastik es untuk mengikat maka ditarik terlebih suntuk agar mengaret kemudian dibelah menunggangi cutter/pisau. Ikat sambungan menggunakan plastik PE atau plastik es tersebut, atau agar lebih mudah bisa juga menggunakan isolasi bening absah.
  • Sungkup menggunakan plastik bening hingga membentangi seluruh entres dan sambungan, kebat bagian bawah sungkup agar tidak mudah pembebasan.
  • Letakkanlah di ajang teduh yang bukan terkena sinar matahari secara langsung, baik itu di dasar naungan pohon atau paranet.

Setelah sedikit lebih 3 pekan sejak penyambungan lazimnya sudah muncul taruk-tunas baru pada entres yang disambungkan.

Takdirnya sreg minggu pertama sejak penyambungan entres sambungan gersang, berfaedah sambungan gagal. Dan bagi pemula, n domestik melakukan hubung pucuk ini semoga jangan tetapi menyambung satu saja, buatlah 2-3, sehingga jika 1 gagal masih cak semau nan lainnya, dan boleh dijadikan bahan evaluasi segala yang menjadi penyebab kegagalannya tersebut.

Baca :   Cara Menanam Melon Dalam Pot

Demikian ulasan mengenai cara Sambung pucuk jambu air citra, hendaknya kata sandang ini dapat menambah wawasan dan berguna kerjakan Anda.

Buat membeli bibit jambu air citra ataupun organ pertanaman lainnya ayo kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Informasi pokok kayu Dan peternakan

  • About
  • Latest Posts

Cara Sambung Pucuk Jambu Air

Source: https://www.kampustani.com/cara-sambung-pucuk-jambu-air-citra/

Check Also

Showcase Buah Dan Sayur

Showcase Buah Dan Sayur. Brilio.jala – Setiap orang tentu kepingin semangat cegak. Menerapkan hipotetis makan …