Gambar Motif Batik Daun

Gambar Motif Batik Daun.


Indonesia   silam   kaya   dengan    majemuk   kain  batik, tercantum  motifnya. Setiap  daerah di Indoesia memiliki ciri unik  motif
batik,  berpunca motif-motif yang khas tersebut kita bisa  mengenali  terbit  mana motif menggambar itu berasal.  Berikut ini  adalah  10  motif  menggambar paling naik daun bilang daerah yang diolah  dari berbagai sumber:

1.Motif Batik Tujuh Rupa (Pekalongan)

Motif Batik Tujuh Rupa

Motif batik sapta rupa dari Pekalongan ini lampau kental dengan nuansa liwa. Pada umumnya, menggambar Pekalongan menampilkan buram motif berlukis dabat atau tanaman. Motif-motif tersebut diambil dari berjenis-jenis fusi kebudayaan lokal dan etnis cina. Pasalnya, dulu Pekalongan adalah tempat transit para pelimbang dari berbagai negara. Sehingga, akulturasi budaya itulah yang menciptakan menjadikan batik Pekalongan sangat istimewa dengan alam, khususnya motif jlamprang, motif buketan, motif terang bulan, motif semen, motif pisan bali dan motif lung-lungan.

2.Motif Menulis Sogan (Solo)

Motif Batik Sogan

Motif batik Sogan sudah ada sejak zaman karuhun orang Jawa beberapa abad tinggal. Batik ini, didominasi oleh warna cokelat muda dan memiliko motif nan khas seperti, bunga dengan aksen titik-titk atau lengkungan garis. Dulunya, menggambar ini dipakai raja-raja di Jawa khususnya kastil sultanat Tunggal. Tetapi, sekarang dapat dipakai oleh barangkali saja, baik warga keraton alias insan jamak.

3.
Motif Menulis Gentongan (Madura)

Motif Batik Gentongan

Motif Gentongan farik dengan batik lainnya. Batik asal madura ini menggunakan motif konseptual keteter, tanaman atau kombinasi keduanya. Warna batik Gentongan biasanya mencekit warna terang sama dengan merah, kuning, hijau, ataupun ungu. Batik Gentongan koteng diambil dari gentong, adalah gerabah nan dipakai sebagai gelanggang kerjakan mencelup kain batik plong cairan warna.

Baca :   Batik Paling Mudah Digambar

4.  Motif Menggambar Gegana Kelam (Cirebon)

Motif Mega Mendung

Motif menulis Gegana Mendung cukup sederhana namun memberi kesan produktif. Motif suram di langit peledak yang berwarna terang inilah yang membuat menggambar Mega Mendung sangat setuju dipakai ibu bapak atau momongan muda, baik dayang alias junjungan-laki.


Pupuk Pun:Kang Girin: From Nol to Tokoh utama

5.Motif Batik Kraton (Yogyakarta)

Motif Batik Kraton

Motif menulis Keraton berasal dari kebudayaan jawa yang kental dengan sistem kekratonan dan kesultanannya. Menggambar istana ini melambangkan kearifan, kebijaksanaan, dan lagi kharisma yang dipertuan-raja jawa. Dulunya, batik asal Yogya ini hanya boleh dipakai pemukim keraton doang, hanya saat ini sudah masyarakat dipakai siapa pun. Ciri motif menggambar Keraton yaitu motif bunga yang simetris alias saya burung yang dikenal sebagai motif sawat lar. Motif ini bisa dibilang minimum banyak dipakai baik maka dari itu individu Indonesia maupun orang luar wilayah.

6.
Motif Menulis Simbut (Banten)

Motif Menulis Sambut

Motif batik Simbut berbentuk daun yang menyeruai patera talas. Motif tersebut merupakan motif nan minimum terlambat, sahaja menyusun dan merapikan satu jenis motif saja. Motif Simbut bermula dari suku  Badui pedalaman di Sunda yang kental dengan kultur lama. Hanya, seiring dengan berjalannya waktu, para warga badui yang menerima kemodernan mengembangkan batik ini di distrik pesisir Banten. Sehngga batik motif Simbut dikenal pula dengan batik Banten.

7.Motif Ketu udeng (Pulau Jawa)

Motif Parang

Ketu udeng berusul dari perkenalan awal pereng maupun miring. Bentuk motifnya berbentuk sama dengan abjad “S” genyot berombak mengaret.Motif Parang ini tersebar di seluruh Jawa, mulai dari Jawa Tegah, Jogjakarta dan Jawa Barat. Lazimnya, perbedaannya semata-mata terletak pada titik berat berpunca batik Motif parang tersebut. Misalkan, di Jogja terserah motif Parang Rusak dan Parang Barong, di Jawa Perdua suka-suka Parang Slobog, serta di Jawa Barat ada Parang Klisik.

Baca :   Sketsa Gambar Tanaman Hias

Baca sekali lagi:
Sentra Batik Geblek Renteng Terbesar di Dunia

8.
Motif Kawung (Jawa Perdua)

Motif Batik Kawung

Motif menulis ini terinspirasi buah kolang kaling. Bentuk kolang kaling yang lonjong tersebut disusun catur sisi membuat gudi. Motif Kuwung sering diidentikan dengan motif sepuluh sen kuno, karena bentuknya nan bulat dengan korok ditengahnya. Motif ini semenjak dan berkembang di Jawa Tengah dan Jogjakarta. Biasanya motifnya sejajar, hanya bedanya plong riasan atau aksennya cuma. Batik ini pun termasuk motif batik Indonesia yang minimum banyak dipakai.

9.
Motif Pring Sedapur (Magetan)

Motif Menulis Pring Sedapur

Motif menulis Pring Sedapur memiliki ciri solo yang simpel cuma elegan. Motif yang dipakai adalah motif buluh, sehingga sering lagi disebut bagaikan batik Pring. Menulis ini tidak hanya luhur dalam kesederhanaan motifnya, tetapi memiliki filosofi yang terlambat pula. Dimana awi memasrahkan makna ketentraman, keteduhan dan kerukunan. Selain itu, bambu/pring juga mempunyai filosofi mendalam bagi orang Jawa, merupakan apa saja internal diri kita haruslah memberikan manfaat bagi orang tidak, sejak lahir sebatas mati.

10.
Motif Geblek Renteng (Kulon Progo)

Motif Batik Geblek Renteng

Batik geblek renteng adalah motif menulis yang menyerupai bentuk kas dapur solo Kulon Progo. Bentuknya substansial abstrak angka delapan. Geblek makanan olahan dari ubi kayu dan merupakan suatu makanan khas yang menjadi identitas Kulon Progo, sementara renteng berarti rentengan alias koalisi satu sejajar lain momen digoreng. Motif geblek renteng adalah motif menulis bermula hasil lomba desain batik khas Kulonprogo yang diadakan  tahun 2012 terlampau. Momen ini motif ini semakin popular selepas pada waktu-hari tertentu seluruh pegawai di Pemkab Kulon Progo dan siswa sekolah diwajibkan cak bagi memakainya. Dampaknya perajin menulis di sentra batik Kecamatan Lendah omzetnya naik cukup signifikan. (AWB)

Baca :   Gambar Bunga Di Pagi Hari

Serabut kembali:Belanja Batik Komplit Cak semau di Sini

Referensi:

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/10/02/10-motif-menggambar-tersohor-dari-berbagai-daerah

Gambar Motif Batik Daun

Source: https://lendah.kulonprogokab.go.id/detil/177/10-motif-batik-paling-populer-di-indonesia

Check Also

Showcase Buah Dan Sayur

Showcase Buah Dan Sayur. Brilio.jala – Setiap orang tentu kepingin semangat cegak. Menerapkan hipotetis makan …