Mengatasi Busuk Batang Cabai

Mengatasi Busuk Batang Cabai.



Plong musim hujan dengan intensitas yang strata dapat mengakibatkan tanaman cabe tinggal rentan terserang penyakit kemungkus batang nan disebabkan maka itu serangan cendawan


Phytophthora


capsici

.

Penyakit busuk yang disebabkan oleh rabuk


Phytophthora


capsici


ini merupakan riuk satu penyakit berpuaka bagi orang tani cabe, karena serangannya tidak kenal waktu dan semangat tumbuhan baik tanaman boncel hingga tanaman berbuah pun bisa terserang. Tanaman boncel nan terserang bisa busuk dan mati akil balig. Sementara itu tanaman dewasa akan mengalami layu, busuk dan sirep.





Selain itu cendawan Phytophthora pun dapat menyerang seluruh bagian tanaman, start dari akar, batang, daun hingga buah cabe.

Busuk phytophthora yang menyerang mayit dan cabang dikenal dengan ki aib busuk batang. Sementara itu serangan yang terjadi pada pucuk pokok kayu dikenal dengan istilah busuk kuncup atau mati pucuk dan pada daun disebut kemungkus daun. Jikalau mengaibkan akar susu tanaman cabe dikenal dengan istilah busuk akar tunjang.

Penyakit busuk ini menyebar melalui spora cendawan yang cemas bersama angin, aliran air hujan ataupun perantara peralatan yang digunakan pekebun. Spora cendawan boleh bersiteguh di kerumahtanggaan persil menembus petak dan menginfeksi batang dan akar. Serangan kebobrokan rusak


Phytophthora


ini bisa menyebabkan gagal pengetaman hingga 100%. Oleh sebab itu jika tidak dilakukan kalkulasi sejak dini bisa menyebabkan kesialan ki akbar.

Salah suatu pemicu serangan tembelang adalah hujan abu dengan ketekunan tinggi. Phytophthora minimal senang dengan kondisi basah dan pesam, dengan suhu selingkung 26ºC. Kerelaan Pokok kayu inang di sekeliling lokasi juga bisa menimbulkan potensi ofensif.

Gejala gempuran rusak yang diakibatkan oleh kawul


Phytophthora


adalah terpandang bercak coklat pada batang, awalnya kerdil kemudian membesar, lega calit tersebut lama-kelamaan akan muncul bulu-bulu halus hitam tulen. Calit tersebut akan hambur ke akar sampai pucuk tanaman nan menyebabkan pokok kayu layu, karena akar rusak dan mematikan noktah bertaruk tanaman.

Baca :   Asam Lambung Boleh Makan Buah Naga

Lega daun tampak layu, membusuk kemudian rontok, hambur dari daun asal dan menjalar hingga atas melalui layon yang membusuk. Sedangkan pada buah cabe yang terserang terlihat spot coklat busuk dan menyebabkan bunga dan buah rontok.

Untuk memafhumi Cara Menyelesaikan Busuk Batang Cabe, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengendalian penyakit busuk batang lega tanaman cabe dapat dilakukan secara mekanis dan kimiawi.

PENGENDALIAN MEKANIS

Pengendalian secara mekanis ialah pengendalian wereng penyakit secara awak, yaitu perlakuan langsung terhadap tanaman baik menggunakan perlengkapan tertentu atau secara manual, misalnya dengan memangkas dan mengumpulkan daun atau bagian tanaman yang terinfeksi terdaftar akar, kemudian dibakar atau dibuang jauh dari areal penanaman, tujuannya agar ki kesulitan tidak menyebar ke pohon yang sehat. Karena spora phytophthora bisa bertahan di dalam kapling dan mudah hambur menerobos kilangangin kincir dan air, maupun peralatan yang digunakan.

Selain itu lakukan pula sanitasi kebun, penyiangan alias pengumbahan gulma di selingkung tanaman bakal mengurangi kelembaban di areal selingkung penanaman. Kesediaan gulma ini pun bisa menjadi tanaman inang bagi hama penyakit.

Bakal perbaikan drainase kebun.

Untuk pergiliran tumbuhan bikin memutus siklus ki aib yang masih tertahan di dalam tanah.

PENGENDALIAN KIMIAWI

Pengendalian hama penyakit secara kimiawi adalah pengendalian dengan menunggangi zat kimia. Pengendalian wereng penyakit ini biasa dilakukan dengan penyemburan zat kimia sreg fragmen tanaman. Karena penyakit busuk batang cabe ini disebabkan maka itu jamur maupun cendawan, maka pengendaliannya dapat dilakukan dengan memercikkan fungisida.

Fungisida yang digunakan adalah fungisida sistemik dengan mangsa aktif


dimetomorf ataupun simoksanil


dan fungisida pergaulan dengan mangsa aktif


Mancozeb, Propineb, Klorotalonil atau Maneb


yang diaplikasikan secara bergantian.

Baca :   Cara Mengobati Mata Ayam Rabun

Adapun untuk dosisnya sesuaikan saja dengan yang terjadwal pada segel kemasan.

Cara aplikasinya merupakan dengan menyemprotkannya pada seluruh bagian tanaman baik itu tanaman nan sudah lalu terinfeksi ataupun tumbuhan sehat.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi tembelang batang cabe, seyogiannya artikel ini bisa menaik wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli fungisida, mani cabe alias perlengkapan perkebunan lainnya ayo kunjungi SentraTani.com.

  • About
  • Latest Posts



Mengatasi Busuk Batang Cabai

Source: https://www.kampustani.com/cara-mengatasi-busuk-batang-cabe/

Check Also

Showcase Buah Dan Sayur

Showcase Buah Dan Sayur. Brilio.jala – Setiap orang tentu kepingin semangat cegak. Menerapkan hipotetis makan …