Tanaman Untuk Kolam Koi

Tanaman Untuk Kolam Koi.

Memelihara koi, sejatinya adalah mempertahankan kualitas air kolam. Untuk mempertahankan kualitas air empang semoga tetap aman dan nyaman untuk koi diperlukan sistem filterasi yang baik dan benar. Begitu banyak metode dan teknik yang digunakan internal upaya buat menjaga mutiara air kolam agar tetap stabil dan salah satunya ialah dengan memanfaatkan alat angkut riil tanaman air atau yang dikenal dengan Vegetable Filter (Vegie Filter)

Boleh jadi ada yang menanya, cak kenapa memilih memperalat tanaman air ibarat media penapis?
Sebab selain secara jasad boleh memberi kesan alami dan mempercantik pemandangan di sekitar kolam, semata-mata nan lebih terdahulu yaitu manfaatnya andai penapis cak bagi mempertahankan mutu air kolam anda.

Cara bekerja

Dari skema SIKLUS NITROGEN tersebut, bisa diketahui bahwa sesungguhnya yang membuat kualitas air bendungan menurun ialah terutama karena adanya sempelah koi selain sisa pakan dan kotoran organik lainnya.

Mengapa demikian? Sebab kotoran koi mengandung Ammonia (NH3). Ammonia adalah zat yang paling berbahaya bagi kehidupan koi yang bisa meracuni koi jika larut di dalam air tambak melebih batas ketahanan.

Ammonia setelah diurai oleh Kuman Nitrosomonas atau Mikroba Nitrit akan berubah menjadi Nitrit (NO2). Nitrit juga merupakan zat yang bisa membahayakan koi namun efek beracunnya masih dibawah Ammonia.

Kemudian Nitrit diurai kembali oleh Bakteri Nitrobacter alias Bakteri Nitrat menjadi Nitrat (NO3). Nitrat adalah zat nan tidak berbahaya untuk koi, belaka jika kadarnya berlebihan membuat air kolam tak boleh tampil bening (jernih).

Peran pohon air

Pohon air memerlukan zat nitrogen dalam kehidupannya. Oleh sebab itu mereka menyerap nitrogen terutama yang terkandung di dalam Nitrat dan sebagian dari Ammonia. Dengan demikian semakin banyak pokok kayu air dengan akar tunjang yang lebat, maka semakin ki akbar sekali lagi daya serapnya terhadap Nitrat dan Ammonia.

Baca :   Menata Tanaman Di Teras Rumah

Jika Ammonia banyak diserap oleh tanamanair, maka hal ini karuan akan sangat membantu mengurangi bahaya venom ammonia bagi koi. Selain itu juga menyerap Nitrat sebagai makanannya sehingga membuat air bendungan taat tampak jernih (bening)

Penempatan

Dimana sebaiknya pohon air diletakkan?
Sebagaimana diketahui bahwa koi adalah omnivora, termasuk memakan tanamanair. Jika tanaman air diletakkan di kerumahtanggaan kolam terdepan, maka koi juga dengan mudah akan menghabiskannya.

Oleh sebab itu, mudahmudahan tanaman air diletakkan sreg bagian yang terpisah dari balong utama, ialah di dalam ruang filter maupun di tempatkan plong bak khusus, namun masih berada pada aliran sirkulasi air dalam sistem filterasi kolam koi. Karena diletakkan secara terpisah dengan koi, maka tanaman air dapat menjalankan fungsinya dengan baik sebagai media filter.

tanaman air
Tanaman air diletakkan di bagaikan pancuran sebelum air kembali masuk ke privat tebat

Afiliasi Sistem filter

Jika kolam ia ketika ini belum menggunakan tanaman air sebagai media penapis, maka dapat dilakukan relasi dengan sistem filter yang sudah ada. Caranya adalah dengan mengalirkan air dari penapis chamber terakhir, menuju ke wadah yang berisi pokok kayu air sebelum air kembali masuk ke privat kolam Alias bisa sekali lagi dengan menempatkan tanaman air macam mengambang begitu juga enceng beguk, apu-apu dll pada permukaan air di dalam ruang pengayak, seperti mana tampak sreg gambar ilustrasi.

Arti Tanaman Air

1.Menghasilkan Oksigen

Selain laksana alat angkut filter yang mampu menyerap Nitrat dan Ammonia, tanaman air pun menghasilkan oksigen yang dapat meningkatkan lambung oksigen nan sagu betawi di internal air tambak. Koi sekali lagi memerlukan oksigen nan layak kerumahtanggaan proses pernafasannya. Takdirnya ketentuan oksigen yang larut dalam jumlah nan cukup banyak , maka koi juga akan merasa nyaman nyawa di dalam bendungan.

Baca :   Perencanaan Budidaya Tanaman Pangan

tanaman air
Tanaman air juga bisa ditempatkan di pangsa penyaring

Khasiat lainnya yaitu akar tunjang nan lebat dapat berfungsi seumpama ajang persembunyian koloni bakteri yang menunjang berlangsungnya proses filter biologi.

2.Menetralisir Logam musykil

Tumbuhan air pun mampu mengikat logam berat yang terkadung di dalam air antara tidak Merkuri (Hg), Timbal (Pb), Arsen (As), Kadmium (Cd), Khromium (Chromium), Cuprum (Cu), dan Nikel (Ni). Jika rahim ferum berat nan terlarut di kerumahtanggaan air melebihi ambang takat maka bisa membahayakan koi antara lain mengakibatkan :
– Gangguan saraf buku
– Kerusakan hati
– Menganggu pertumbuhan dan perkembangbiakan
– Merusak ginjal, hati dan lensa ain.
– Melukai insang dan struktur jaringan luar lainnya
– Terhambatnya fungsi pernapasan

3. Mengendalikan Pertumbuhan Algae

Algae adalah penyebab terjadinya air hijau. Algae dan tanaman air memerlukan rahim yang ekuivalen yakni zat Nitrogen (Falak). Jika terdapat banyak tanamanair, maka Algae lain memperoleh jatah makanan nan cukup sehingga runyam kerjakan bisa tumbuh.

4. Memantapkan pH air kolam

Proses nitrifikasi yang dilakukan oleh bakteri privat proses filter ilmu hayat, akan meningkatkan keasaman air sehingga menurunkan pH. Sedangkan photositesis nan terjadi pada tanaman air yakni proses yang mengkonsumsi senderut sehingga meningkatkan pH. Dengan demikian tanamanair membuat pH air menjadi lebih stabil.

5. Menyerap Carbon Monoxida (CO)

Carbon Monoxida (CO) dapat mengganggu fungsi pernafasan koi. Sedangkan dalam proses photosintesis pada tanaman air mengkonsumsi CO. Dengan demikian, tanamanair terlampau bermanfaat kerjakan mengurangi atau menyerap gas Carbon Monoxida.

Penjagaan

Semoga dapat berfungsi dengan baik, maka tanamanair juga terlazim dilakukan perawatan, terutama takdirnya daunnya sudah terlalu baplang. Sebab patera yang sudah tandus atau yang terlepas dan anjlok lalu mereput di n domestik air, juga akan menimbulkan zat ammonia yang boleh meracuni koi. Oleh sebab itu secara periodik, intensitasnya perlu dikurangi dengan mandu dipotong daunnya alias diangkat sebagian dengan pamrih kiranya dapat berfungsi secara optimal sebagai kendaraan filter.

Baca :   Nilai Nilai Hikayat Bunga Kemuning

Ada kalanya digunakan garam dalam proses pengobatan koi atau pelestarian air empang. Garam nan sagu betawi secara berlebihan di dalam air akan menghambat pertumbuhan dan boleh mengurangi kepentingan akar tunjang. Namun demikian, jika kadar garam nan terlarut dalam air masih dibawah 0.3 % maka tak banyak pengaruhnya bagi kehidupan tanamanair.

Keberagaman tanamanair yang biasa digunakan sebagai media filter

Semua bisa saja digunakan sebagai media penapis, namun nan populer digunakan antara lain :

1. Kelayan gondok
2. Selada air (Nasturtium officinale)
3. Padma
4. Papyrus atau Cyperus papyrus
5. Cyperus alias Cyperus alternifolius
6. Typha atau Typha angustifollia
7. Melati air atau Echinodorus palaefolius
8. Thalia geniculata
9. Pontederia
10. Sagitaria
11. Water poppy
12. Giant arum
13. Ilalang air
14. Equisetum Hyemale

Enceng Beguk
Apu-apu
Bambu Air

Thalia

Tanaman Untuk Kolam Koi

Source: https://gilakoi.com/filterasi/media-filter/2018/03/05/tanaman-air-sebagai-media-filter-kolam-koi.html

Check Also

Showcase Buah Dan Sayur

Showcase Buah Dan Sayur. Brilio.jala – Setiap orang tentu kepingin semangat cegak. Menerapkan hipotetis makan …